Sabtu, 21 April 2012

TERUSKAN PERJUANGAN KARTINI

Ibu Kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya
Cover Film RA. Kartini, diambil dari sini
banyak pahlawan. tapi hanya satu yang punya hari khusus untuk dikenang?

ya, Kartini. hari kelahirannya diperingati sebagai hari emansipasi wanita Indonesia. Kartini lebih dikenal. Kartini lebih dikenang. karena Kartini punya warisan nyata atas segala yang diperjuangkannya.

Kartini mewariskan tulisan berupa surat-surat untuk sahabatnya yang dibukukan dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang". dari tulisan itu kita bisa tahu Kartini telah memperjuangkan semua hak-haknya walaupun Kartini sendiri tidak pernah merasakannya sampai akhir hayatnya.

apa yang telah diperjuangkannya?

banyak.

Kartini memperjuangkan haknya sebagai perempuan untuk dapat memperoleh pendidikan yang tinggi sama seperti kaum lelaki.

Kartini memperjuangkan haknya sebagai perempuan untuk dapat memilih pasangan hidupnya sendiri tanpa proses pingitan.

Kartini memperjuangkan haknya sebagai perempuan untuk tidak dipoligami.

Kartini memperjuangkan haknya sebagai perempuan untuk bisa berkarya, tak harus terhambat karena mendapat peran sebagai istri.

Kartini mengajarkan kita tak hanya membaca dan menghafal ayat-ayat Al-quran tanpa tahu arti dan maknanya.

dengan jujur saya akui bahwa saya belum pernah sekalipun membaca tulisan Kartini. tapi saya tahu yang saya sebutkan di atas dari film yang pernah saya tonton berjudul “RA. KARTINI”. dan saya yakin kru pembuat film itu, paling tidak sutradara atau penulis skenarionya sudah membaca tulisan-tulisan Kartini.

dan...

kita sebagai generasi penerus Kartini harus terus melanjutkan dan mewujudkan apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan Kartini. yang akan kita lakukan tak sekeras perjuangan Kartini karena jaman kita sudah tak ada perjodohan, kita bebas memilih lelaki yang akan menjadi pasangan kita. kita hanya perlu terus belajar dan menghasilkan karya terbaik (apapun itu) tanpa ada alasan tak bisa hanya karena kita perempuan. LET’S DO THE BEST FOR EVERYTHING WE DO!! dan tulislah agar kita punya sesuatu yang dapat diwariskan untuk dikenang... J

NB : kalau ada di antara kalian yang punya buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, pliss pinjamkan pada saya! atau saya beli deh...


_Nana_

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...