Senin, 19 Maret 2012

ISTANA ROKOK


Iseng, membuka catatan kuliah semester 3 dan berhenti di Dasar PKM (Promosi Kesehatan Masyarakat... Mohon koreksi kalau salah...). Ada puisi yang aku bikin untuk memenuhi tugas membuat puisi dengan tema kesehatan... Ini dia...


NEGERIKU, ISTANA ROKOKBy Nana Ashalina
Di negeriku,
Rokok bagai barang pokok
Setiap tempat yang kulalui

Hampir selalu ada rokok
Kijang kuning yang mengantarku ke kampus

Ialah istana rokok

Sopir mengepulkan asap rokok
Penumpang sebelah kiri menghisap rokok
Penumpang sebelah kanan menyulut batang rokok
Negeriku,
Istana dengan raja rokok

Tempat nyaman nan ramah bagi perokok
Tempat eksekusi mati bagi kami non perokok


Rokok membunuh kami lebih cepat

Dari ancaman HIV yang penuh kontroversi
Ketika di sampingku,
Dua pemuda HIV menyebar virus melalui jarum

Aku tak perlu tersentuh virusnya
Ketika di sampingku,
Seorang perokok dengan kepulan asapnya

Aku tak bisa menghindar
Nikotin menjalar dalam tubuh

Istana pengembiakkan nikotin

Kepulan asap menyapa ramah setiap orang
Itulah negeriku

Negeri istana rokok

S
emarang, Oktober 2008

Aku inget dulu ada yang berkomentar punya negeri istana rokok kok bangga?!
Waduh, siapa yang bangga, neng?
Aku membuat puisi ini bukan karena bangga punya negeri istana rokok... Aku prihatin... Aku nggak mau tinggal di istana rokok yang dapat dengan mudah memasukkan nikotin dalam tubuhku tanpa aku mau...

*pict*

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...