Kamis, 21 April 2011

Happy Kartini Day !


Hay.. hay... 21 April.

Today, Indonesian’s celebrate Kartini Day.
Jaman masih sekolah dulu, Hari Kartini diperingati dengan memakai pakaian tradisional ke sekolah...Aku dulu sering mengeluh karena ribet harus dandan ke salon, pakai kebaya, nggak bisa bebas bergerak (ya tau sendiri lah pakai kebaya kan nggak kaya kita pakai rok biasa atau celana yang bisa lari, jungkir balik terserah kita.. hehe,,). Hm,, sebenarnya aku tidak terlalu paham dengan tujuan mengenakan pakaian tradisional ini. Yahh,, mungkin peringatan hari Kartini dengan memakai pakaian tradisional ini biar kita tau ini lho jaman dulu tuh Kartini kemana-mana pakainya kebaya yang ribet ini dan beruntunglah kalian yang sekarang nggak perlu pakai kebaya kemana-mana paling cuma pas acara-acara tertentu kaya hari Kartini ini... Gitu kali ye,, ah ngaco banget deh..

Ohya, Kartini atau Raden Ayu Kartini ini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Apa jasa RA. Kartini? RA. Kartini memperjuangkan emansipasi wanita, membangkitkan semangat perempuan untuk mendapatkan hak-haknya di semua bidang. Hm,, mungkin bisa dikatakan keadilan gender kali yah... Bersyukur lah kita berkat perjuangan RA Kartini, kita dapat merasakan kebebasan berekspresi sebagai perempuan. Coba lihat deh... Sekarang, perempuan bisa bebas menentukan kariernya, tidak hanya mengurus rumah tangga dan membesarkan anak yang mana Kartini pada jaman duulu tidak (belum) bisa merasakan sehingga perlu memperjuangkannya. Perempuan sekarang bisa bersaing dengan kaum laki-laki. Presiden perempuan? Bisa! Contohnya, Megawati. Perempuan jadi menteri? Sudah banyak... Ada Sri Mulyani Indrawati, Endang Rahayu Setianingsih, Linda Amalia Sari dan lainnya.

Nah, sekarang emansipasi telah terbuka dan harus terus diwujudkan. So, ayo perempuan Indonesia harus terus berkarya untuk negeri ini!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...