Selasa, 31 Juli 2012

NOTHING IS IMPOSSIBLE


Gambar dari sini
Malam kemarin sehabis sholat tarawih, saya bersantai di depan TV sambil ngobrol sama mba kos. Sebut saja namanya mba Ance. Mba Ance ini lagi berjuang untuk menyelesaikan skripsinya yang akan disidangkan hari Rabu, 1 Agustus. Start mengerjakan bareng saya sekitar 2 tahun yang lalu dan belum selesai sampai sekarang memang perjuangan yang panjang dan melelahkan. Hampir saja mba Ance ini menyerah (lagi) untuk periode sidang kali ini. Tapi syukurlah, itu tidak terjadi. Mba Ance tetep maju.

Malam itu, mba Ance bilang, “Rasanya masih nggak percaya. Yang awalnya aku pikir nggak mungkin nyampe, besok udah mau sidang aja.”

“Itulah mba, bukti kalau nothing is impossible.”

Sepertinya jawaban saya tak cukup memuaskan baginya. Mba Ance masih memaparkan argumennya “Ya. Nggak ada yang nggak mungkin dan kegagalan juga mungkin terjadi. Sudah bikin sebagus mungkin tapi bisa aja gagal.”

Mendengar jawaban mba Ance, reaksi saya saat itu adalah “Ih, mba Ance ini loh... Selalu aja mikirin yang negatif-negatifnya.”

Well. Jujur saja saat itu saya tidak suka dengan jawabannya mba Ance. Karena jawaban mba Ance bagi saya itu layaknya sebuah doa. Bukankah yang kita pikirkan, yang kita katakanlah seringkali itu yang akan terjadi?

Hari ini. Saat ini. Saya membenarkan jawaban mba Ance bahwa nothing is impossible itu artinya semuanya mungkin termasuk kemungkinan untuk gagal. Kalimat saya tak berhenti sampai di sini.

Justru karena kita sadar bahwa tidak ada yang tidak mungkin termasuk kegagalan, kita tak boleh menyerah. Satu-satunya pilihan yang dapat kita lakukan untuk berhasil adalah dengan mengusahakannya. Untuk gagal mungkin lebih banyak peluangnya. Bagaimana tidak? Dengan usaha saja, kita masih punya kemungkinan gagal. Tanpa usaha? Sudah pasti tidak berhasil.

Hey, tapi bukankah kemungkinan untuk berhasil masih tetap ada? So, satu-satunya cara untuk berhasil hanya mengusahakannya. Kita harus berusaha sebaik-sebaiknya sampai batas akhir untuk berhasil. Dan ... tidak ada kata menyerah. Menyerah tak cukup menarik bagi orang-orang yang menginginkan keberhasilan. :D

Catatan Khusus buat mba Ance :
Semangat buat sidang besok, mba!
Semoga diberi kelancaran. Aamiin.

2 komentar:

Ninda mengatakan...

aamiin :))

Honeylizious Rohani Syawaliah mengatakan...

jangan pernah berhenti untuk mencoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...