Kamis, 31 Mei 2012

BOLEH MEROKOK TAPI ...

"Tunjukkan toleransimu pada orang-orang di sekitarmu
untuk mendapat udara bersih bebas asap tembakau.
Dimulai dari hari ini yuuk..."

Gambar diambil dari sini
Tahukah kamu? Hari apakah sekarang?

Kamis...

Betul. Tapi bukan itu yang saya maksud. Lalu apa dong?


Hari ini tanggal 31 Mei diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. Sejak tahun 1987, World Health Organization (WHO) menetapkan tanggal 31 Mei sebagai peringatan hari tanpa tembakau sedunia (world bo tobacco day) dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap risiko kesehatan yang terkait dengan penggunaan tembakau dan juga melakukan advokasi untuk mengurangi konsumsi tembakau.

Berbicara tentang tembakau tentunya berkaitan dengan rokok. Bagaimana tidak? Tembakau adalah bahan baku dalam pembuatan rokok.

Seberapa berbahayakah tembakau/rokok bagi kesehatan sampai-sampai WHO menetapkan satu hari tanpa tembakau ini?

saya suka dengan gambar ini yang saya dapat dari sini

Sebenarnya bahaya rokok sudah tertera jelas di setiap bungkus rokok bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan. Tapi kok masih banyak juga yang merokok ya?

Saya rasa untuk berhenti merokok tidak hanya butuh pengetahuan tentang bahaya rokok tapi perlu suatu kesadaran. Nah, kesadaran ini yang susah didapatkan.

Saya tidak akan membahas bagaimana supaya kesadaran ini ada. Sama sekali tidak.

Di kesempatan ini saya cuma mau mengajak semuanya untuk dapat menunjukkan sikap toleransi seperti yang sudah diajarkan pada kita sejak SD dulu. Toleransi yang saya maksud di sini adalah toleransi untuk memberikan kesempatan orang-orang di sekitar kita agar dapat menghirup udara bersih bebas asap rokok.

Boleh kamu merokok tapi tidak di dekat ibu hamil.  Boleh kamu merokok tapi tidak di dekat anak-anak. Boleh kamu merokok tapi bukan di tempat umum. Boleh kamu merokok tapi tidak di depan saya. 

Srondol, 31 Mei 2012
_Nana_



4 komentar:

abdina mengatakan...

boleh merokok, tp asapnya telan sendiri

Nana Ashalina mengatakan...

iya.. hehe,,
:)

adjie mengatakan...

mending gak usah ngrokok.. :p hehe..

Nana Ashalina mengatakan...

dengan kata lain begitu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...