Minggu, 30 Mei 2010

NYONTEK NGGAK MUDAH

-->
Nggak biasanya pagi-pagi sudah di kelas semua. Pada serius belajar pula. Dengan santainya aku naruh tasku di tempat duduk sambil bertanya ke Nining, teman sebangkuku.
Ada apa siy kok pada serius belajar?”
“Kamu dah belajar ya, makanya nyante. Hari ini kan ulangan TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi),” jawab Nining, masih tetep serius membaca buku tulisnya.

Waduh, Ulangan! Jam pertama pula. Nyatet aja kagak pernah, belajar dari mana. Masih ada waktu 5 menit, buku catetan Nining langsung aku sambar dan aku langsung melesat ke kopsis. Fotocopy. Tepat bel masuk berbunyi, Bang Toyib, tukang fotocopy di kopsis selesai memfotocopykan catetan Nining.
Pak Wibowo, guru TIK masuk kelas. “Absen 22 sampe 44 di dalam,” katanya mengisyaratkan ulangan segera dimulai dan absen 22-44 ulangan duluan.
Duh, gimana ni aku ulangan duluan. Nining juga. Ini berarti aku harus pindah tempat. Bangku yang kosong kebetulan cuma satu, di barisan paling depan. Apa boleh buat. Fotocopyan catetan aku bawa dan aku taruh di laci. Waktu aku baca soalnya, persis di catetan. Tengok kanan-kiri dan…, waktunya beraksi. Aku tarik fotocopyan dan aku intip. Ups,,kok putih semua, nggak ada tulisannya. Ternyata kebalik. Walau keringat bercucuran, jantung dag dig dug der aku membalik kertas fotocopyan. Berhasil. Tapi bukan ini, sebelah atas. aku menggeser-geser tu kertas yang di laci dan ….,
Tet.....
Ugh…, waktunya abis. Terpaksa deh, kertas ulangan aku kumpulin dengan jawaban seadanya. Cuma dua nomor yang bisa aku jawab itupun nggak tau, bener apa salah.
Huh…, ternyata nyontek nggak semudah yang aku bayangkan. Nyontek harus professional. Nyontek butuh energi dua kali lipat ketimbang mengerjakan sendiri. Selain harus bisa ngontrol emosi biar tetep santai, juga harus hafal letak-letaknya. So, sejak saat itu aku berjanji pada diriku sendiri aku nggak akan coba-coba nyontek lagi. Daripada nyontek dapet 2 mending ngerjain sendiri dapet 8! Hehe,,,

Pemalang, 2007

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...